Thursday, November 20, 2008

Tips Biar Nggak Ngantuk

Sering merasa lelah pas kuliah? Atau bahkan ngantuk hingga tertidur saat dosen menerangkan kuliahnya? Pasti itu merupakan hal yang tak asing lagi bagi kebanyakan dari kita. Hm, ada apa ya? Nah, kebetulan nih aku habis bedah buku “SUPER HEALTH Gaya Hidup Sehat Rasulullah” karya Egha Zainur Ramadhani. Entah di halaman berapa, ada tips buat kita-kita yang sering merasa ngantuk saat kuliah atau beraktivitas lainnya di siang hari. Mau tau? Nih aku kasih sedikit ilustrasi. Simak deh!


1. Segeralah bangun begitu mata sudah terbuka. Jangan turuti keinginan untuk tidur kembali, meskipun masih merasa ngantuk. Buka matamu, angkat kepala dan tubuhmu dari atas tempat tidur.
2. Begitu bangun, segeralah mengambil air wudhu untuk menyegarkan wajahmu. Lebih baik lagi kalau dilanjutkan dengan mandi pagi, biar lebih segar! Selain itu, mandi pagi baik untuk kesehatanmu.
3. Di pagi hari, kalau kamu ngantuk, jangan tidur lagi deh! Tapi cobalah untuk rehat dengan duduk atau berdiri, sambil menghirup napas dalam-dalam beberapa kali. Kemudian lanjutkan dengan tilawah Al Qur’an. Oiya, sebagai catatan, saat rehat jangan sambil bersandar ya, karena itu justru akan membuatmu merasa ngantuk.
4. Kondisikan lingkungan di sekelilingmu menjadi terang.
5. Ciumlah wewangian untuk membuatmu merasa lebih segar, dan cobalah mendengarkan suara-suara, misalnya sambil mendengarkan murottal.
6. Jangan minum kopi atau minuman sejenisnya, karena minuman seperti itu tidak melatih dan juga bisa menimbulkan ketergantungan.

Nah begitulah sedikit banyak tips yang aku baca dari buku itu. Bisa dicoba tuh! Siapa tahu berhasil! Hehe.. selamat mencoba yaa... ^;^

Rabu, 19 Nov 2008 (19:30)

2 comments:

  1. Yupz, sebagai mahasiswa, saya juga seirng sekali mengantuk saa tdi kelas, tapi kok tetap saja ketika mendengarkan penjelasan dosen, apalagi hanya ceramah saja, sang kantuk malah menjadi jadi. Apakah mengantuk juga ada hubungannya dengan tingkat kesehatan dan tingkat kesiapan menerima pengetahuan?nuwun

    ReplyDelete
  2. Kalau mengantuk pas khotbah jumat gimana Dwin? -_-

    ReplyDelete

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh...

(Puji syukur kehadirat Allah yang masih memberikan nikmat iman dan Islam pada diri ini..)

Selamat datang di blogku yang mungkin hanya berisi secuil pemikiran dan ungkapan isi hati...

Sungguh, kebenaran datangnya hanya dari Allah. Adapun kesalahan datangnya murni dari diri ini. Untuk itu mohon masukan, kritik, dan sarannya serta mohon dimaafkan atas segala kesalahan. Terima kasih. Selamat menikmati. Semoga bermanfaat dan membawa berkah. Amin

(Mulakanlah dengan membaca Basmalah.... dan akhirilah dengan Hamdalah..)