Saturday, May 17, 2008

Sakit vs Sehat

“Dwin, katanya si A dan si B sakit ya? Gimana keadaan mereka? Btw, kamu kapan sakitnya? Kok ga pernah sakit sih? Wah, banyak dosa donk? Hehe.. ”
seloroh seorang temanku pada suatu siang.

Kita pasti sudah pernah mendengar bahwa orang yang bersabar dalam sakit, akan diringankan dosa-dosanya. Namun, haruskah kita sakit dulu untuk mengurangi dosa-dosa kita yang menggunung ini? Salah besar kawan. Memang benar, sakit adalah musibah. Dan barangsiapa yang terkena musibah kemudian ia mampu bersabar, maka Allah akan meringankan dosa-dosanya yang telah lalu. Namun bukan berarti sakit adalah ”media” yang ampuh untuk menebus diri yang berlumuran dosa ini.

Di samping musibah, sakit juga merupakan hadiah dari Yang Maha Kuasa. Sehingga kita harus senantiasa mensyukuri hadiah itu. Bukannya malah menggerutu atau mengutukinya.

Sakit jugalah dari Allah. Namun begitu, kesehatan adalah anugerah yang lebih indah dan tidak ternilai harganya. Anugerah yang tidak kan tergantikan oleh apapun jua, bahkan oleh nyawa sekalipun. Dengan tubuh yang sehat, kita dapat melakukan berbagai macam aktivitas. Makan enak, tidur nikmat, belajar menyenangkan, bermain pun mengasyikkan. Jika dibandingkan, sehat itu jauh lebih nikmat daripada sakit. Dengan tubuh yang sehat pun kita dapat mengurangi dosa-dosa kita. Tubuh yang sehat akan mempermudah kita untuk mengerjakan amal-amal kebajikan. Apapun jadi mudah dengan tubuh yang sehat.

Tak ada yang tidak indah dengan tubuh yang sehat. Bahkan Allah menyukai orang sehat dan kuat, serta tidak menyukai orang yang lemah dan sakit-sakitan. Maka jadilah orang yang sehat!!



Malam hari menjelang pengujian SK-2
25 Maret 2008 (21: 18)
-aku yang hampir flu dan demam-

2 comments:

  1. Kalau menurutku, sakit itu emang gak enak. Allah memperingatkan kita mungkin kita berbuat salah, mungkin makan terlalu banyak (sumber penyakit dalam tubuh kita paling besar dari makanan), mungkin kita terlalu memaksakan jasad kita...

    Sakit juga dapat kita jadikan terminal untuk berhenti sejenak, mengoreksi apa yang telah kita lakukan dan menyiapkan apa yang akan kita lakukan selanjutnya. Tentunya agar jadi lebih baik... ^^. Wallahu a'lam.

    ReplyDelete
  2. bner nop,,emang kita hrs brusaha jgn mpe sakit,,tp klu ud tlanjur mw gmn lagi,diambil aj hikmahnya.manfaatin aj wkt sakit untuk bermuhasabah untuk jadi lebih baik,,hehe,semangat!!

    ReplyDelete

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh...

(Puji syukur kehadirat Allah yang masih memberikan nikmat iman dan Islam pada diri ini..)

Selamat datang di blogku yang mungkin hanya berisi secuil pemikiran dan ungkapan isi hati...

Sungguh, kebenaran datangnya hanya dari Allah. Adapun kesalahan datangnya murni dari diri ini. Untuk itu mohon masukan, kritik, dan sarannya serta mohon dimaafkan atas segala kesalahan. Terima kasih. Selamat menikmati. Semoga bermanfaat dan membawa berkah. Amin

(Mulakanlah dengan membaca Basmalah.... dan akhirilah dengan Hamdalah..)