Monday, October 13, 2008

Pro Kontra Musik

Bagaimana hukum musik dalam Islam? Benarkah ada musik yang Islami? Jujur, untuk menjawab hal itu aku masih bingung dan bimbang. Aku belum bisa menjawab pertanyaan itu bahkan untuk diriku sendiri. Namun seiring dengan pro kontra musik dalam Islam, aku terus berusaha untuk mencari tahu, baik itu dengan membaca-baca buku sumber seperti buku fiqih, membaca artikel, hingga bertanya kepada mereka yang lebih tahu.

Musik memang menyenangkan, meskipun sebenarnya aku tidak begitu suka musik. Entah karena kebetulan atau memang Allah menakdirkan aku begitu. Namun hal itu membuatku bersyukur karena setidaknya aku bisa ‘sedikit’ menghindarkan diri dari sesuatu yang status hukumnya masih meragukan.

Aku memang kurang suka musik. Namun bukan berarti aku sama sekali tidak pernah menyentuh dunia musik. Sesekali aku pun turut mendengarkan alunan musik yang menyenangkan. Namun entah mengapa, dari hari ke hari aku semakin merasa musik bukan hidupku. Musik bukan hidup seorang Muslim. Aku harus meninggalkan musik. Begitu pikirku. Ya, dan pikiran-pikiran seperti itu dari hari ke hari semakin kuat.

Ah, musik. Apa salah jika aku meninggalkan musik? Tidak kan? Toh bukankah meninggalkan sesuatu yang meragukan itu lebih baik? Dengan tekad yang kuat, aku mulai mengurangi interaksi dengan musik. Ketika aku sedang bosan dan ingin mendengarkan musik, aku beralih untuk menggantinya dengan ayat-ayat cinta bacaan suci Al-Qur’an, murottal. Jika dibandingkan, musik bukannya membuat hati ini tenteram dan mensucikan, justru membuat hati ini keras dan resah. Sebaliknya, bacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an akan membawa kita pada ketenteraman hati, kesucian pikiran, kelembutan perasaan, serta kecintaan pada Sang Pemberi Cinta.


13 Oktober 2008 (18:25)
-sambil mendengarkan MP3 Murottal-

No comments:

Post a Comment

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh...

(Puji syukur kehadirat Allah yang masih memberikan nikmat iman dan Islam pada diri ini..)

Selamat datang di blogku yang mungkin hanya berisi secuil pemikiran dan ungkapan isi hati...

Sungguh, kebenaran datangnya hanya dari Allah. Adapun kesalahan datangnya murni dari diri ini. Untuk itu mohon masukan, kritik, dan sarannya serta mohon dimaafkan atas segala kesalahan. Terima kasih. Selamat menikmati. Semoga bermanfaat dan membawa berkah. Amin

(Mulakanlah dengan membaca Basmalah.... dan akhirilah dengan Hamdalah..)