Tuesday, January 29, 2013

Tsubasa o Kudasai (Give Me Wings)



ima watashi no negaigoto ga
kanau naraba tsubasa ga hoshii
kono senaka ni tori no you ni
shiroi tsubasa tsukete kudasai

kono oozora ni tsubasa wo hiroge
tonde yukitai yo
kanashimi no nai jiyuu na sora e
tsubasa hatamekase
yukitai

kodomo no toki yume mita koto
ima mo onaji yume ni miteiru

kono oozora ni tsubasa wo hiroge
tonde yukitai yo
kanashimi no nai jiyuu na sora e
tsubasa hatamekase
yukitai

kono oozora ni tsubasa wo hiroge
tonde yukitai yo
kanashimi no nai jiyuu na sora e
tsubasa hatamekase
yukitai


Ada yang pernah tau tulisan di atas? Itu lirik lagu lho. Kalau temen-temen penggemar film-film Jepang, setidaknya mungkin pernah denger lagu itu. Lagu itu berjudul Tsubasa o Kudasai atau dalam bahasa Inggrisnya diartikan Give Me Wings.

Pertama kali aku denger lagu itu adalah di film Jdrama Orthros No Inu. Kesan pertama kali denger, lagunya bagus dan enak didenger. Lalu di lain kesempatan aku kembali mendengarnya di salah satu episode film Jdrama Great Teacher Onizuka 2012 dan Boku to Star no 99 Nichi. Lagu itu pun jadi insert song di film anime K-ON. Hal ini membuatku penasaran untuk mencari tau lebih lanjut tentang lagu itu.

Setelah beberapa usaha pencarian, akhirnya aku tau. Sesuai dugaan, lagu itu memang cukup populer di negara Jepang sana. Dari beberapa sumber yang kubaca, lagu itu dimasukkan ke dalam buku teks pelajaran kesenian dan tentunya sering dinyanyikan kelompok paduan suara sekolah. Jadi nggak heran kalau lagu ini begitu populer di semua kalangan, tua ataupun muda. Denger-denger juga nih, lagu itu juga pernah dinyanyikan dalam pertandingan untuk mendukung sepak bola Jepang, lho.

Oh iya guys, lagu itu nggak cuma iramanya aja yang enak didenger, tapi juga liriknya. Coba perhatikan deh versi bahasa Inggrisnya.


If I can get one wish
To come true right now, I want a pair of wings
Please grant me  white wings
On my back  like a bird

In this huge sky  I wanna
Spread my wings  and fly
Towards the free sky without any sadness
I wanna flap my wings
And go

I still dream of  those things
That I've dreamed about  when I was little

In this huge sky  I wanna
Spread my wings  and fly
Towards the free sky  without any sadness
I wanna flap my wings
And go

In this huge sky  I wanna
Spread my wings  and fly
Towards the free sky  without any sadness
I wanna flap my wings
And go


Bagus kan? Lirik lagunya sederhana tapi memiliki makna yang dalam, khas banget dengan karakternya orang Jepang. Ada beberapa makna tersirat yang bisa kutangkap dari lagu itu, diantaranya :

1.      Hope and dream. Dari ketiga Jdrama yang kusebutkan di awal, scene dimana lagu itu diperdengarkan semuanya memiliki kesamaan, yaitu berbicara tentang mimpi dan harapan (yume to kibou). Harapan untuk bertahan hidup, harapan untuk sembuh dari sakit, harapan untuk menggapai mimpi-mimpi, harapan untuk meraih kebahagiaan.

2.      Never give up. Untuk itu diperlukan tekad dan keinginan yang kuat untuk mewujudkan mimpi. Semangat pantang menyerah, tak surut oleh besarnya penghalang dalam pencapaian mimpi.
“Berikan aku sayap (kekuatan) untuk menggapai langit (mimpi-mimpiku).”
Karena harapan adalah sumber kekuatan.

3.      Freedom. Kemerdekaan. Atau dengan kata lain bebas dari penderitaan dan kesedihan.
“Aku ingin mengepakkan sayapku dan terbang menuju langit yang bebas tanpa kesedihan.”
Kondisi yang tentunya tercapai setelah berhasil melewati rintangan. Rasa yang tercipta usai mencapai goal, mimpi yang jadi kenyataan. Siapa sih yang nggak ngerasa puas dan senang setelah meraih keberhasilan? Sesuai kata pepatah Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersusah payah dahulu, bersenang-senang kemudian.


Jadi, nggak ada salahnya kan memperjuangkan mimpi? Ya, di saat satu persatu teman-temanku akhirnya lebih memilih untuk meniti jalan hidup yang tak lagi sama denganku, aku akan tetap bertahan dengan mimpiku. Aku tak peduli meski aku harus berjuang sendiri. Aku tak peduli meski telah cukup lama waktu kulalui hanya demi mewujudkannya. Aku bahkan tak peduli andai ada pandangan kasihan ataupun cemooh tertuju padaku. Ini adalah hidupku, bukan hidup mereka ataupun orang lain. Hanya akulah yang bisa menjadikannya nyata dengan segenap usahaku, dan tentunya atas izin dari Allah.

Dream is not a small matter. Youre still alive because you dream. Finally, Dont ever give up your dream to find your own happiness!
And lets dream!


Morning hope in January 29, 2013
Meina Fathimah
~I wont give up! Nihon matte ne!~


No comments:

Post a Comment

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh...

(Puji syukur kehadirat Allah yang masih memberikan nikmat iman dan Islam pada diri ini..)

Selamat datang di blogku yang mungkin hanya berisi secuil pemikiran dan ungkapan isi hati...

Sungguh, kebenaran datangnya hanya dari Allah. Adapun kesalahan datangnya murni dari diri ini. Untuk itu mohon masukan, kritik, dan sarannya serta mohon dimaafkan atas segala kesalahan. Terima kasih. Selamat menikmati. Semoga bermanfaat dan membawa berkah. Amin

(Mulakanlah dengan membaca Basmalah.... dan akhirilah dengan Hamdalah..)