Wednesday, September 21, 2011

Delapan Alasan Mengapa Saya Memakai Jilbab

1. Berjilbab adalah perintah Allah dalam surat Al Ahzab ayat 59 dan An Nur ayat 31.


2. Jilbab merupakan identitas utama untuk dikenali sebagai seorang muslimah.


3. Dengan berjilbab, saya merasa lebih aman dari gangguan. dengan berjilbab, orang akan menyapa saya "Assalamu'alaykum" atau memanggil saya "Bu Haji" yang juga merupakan do'a. Jadi selain merasa aman, bonusnya adalah mendapatkan do'a. Hal ini akan berbeda bila muslimah mengenakan pakaian yang 'you can see everything'.


4. Dengan berjilbab, seorang muslimah akan merasa lebih merdeka dalam artian yang sebenarnya. Perempuan yang memakai rok mini di dalam angkot misalnya akan resah menutupi bagian-bagian tertentu tubuhnya dengan tas tangan. Nah, kalau saya naik angkot dengan berbusana muslimah saya bisa duduk seenak saya. Jadi, lebih merdeka mana?


5. Dengan berjilbab, seorang muslimah tidak dinilai dari ukuran fisiknya. Kita tidak dilihat dari kurus, gemuknya kita. Tidak dilihat bagaimana hidung atau betis kita, melainkan dari kecerdasan, karya, dan kebaikan hati kita.


6. Dengan berjilbab, kontrol ada di tangan perempuan, bukan lelaki. Perempuan itu yang berhak menentukan pria mana yang berhak dan tidak berhak melihatnya.


7. Dengan berjilbab, pada dasarnya wanita telah melakukan seleksi terhadap calon suaminya. Orang yang tidak memiliki dasar agama yang kuat, akan enggan melamar gadis berjilbab.


8. Berjilbab tak perbah menghalangi muslimah untuk maju dalam kebaikan.


Perlu diingat, berjilbab memang bukanlah satu-satunya indikator ketakwaan, namun berjilbab merupakan realisasi amal dari keimanan seorang muslimah. Jadi lakukanlah semampunya. Tak perlu ada pernyataan-pernyataan negatif seperti "Kalau aku hati dulu yang dijilbabin". Hati kan urusan Allah, tugas kita beramal saja dengan ikhlas.


Pakailah jilbab dengan kesadaran dan jangan mengejek atau memaksa muslimah yang belum memakainya, malah kita harus merangkul mereka. Tunjukkan kita yang indah sebagai muslimah.




Dikutip dari Novel Ketika Mas Gagah Pergi dan Kembali

karya Helvy Tiana Rosa

dengan perubahan secukupnya


Yogyakarta, 21 September 2011

Meyna Fathimah

www.meidwinna.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh...

(Puji syukur kehadirat Allah yang masih memberikan nikmat iman dan Islam pada diri ini..)

Selamat datang di blogku yang mungkin hanya berisi secuil pemikiran dan ungkapan isi hati...

Sungguh, kebenaran datangnya hanya dari Allah. Adapun kesalahan datangnya murni dari diri ini. Untuk itu mohon masukan, kritik, dan sarannya serta mohon dimaafkan atas segala kesalahan. Terima kasih. Selamat menikmati. Semoga bermanfaat dan membawa berkah. Amin

(Mulakanlah dengan membaca Basmalah.... dan akhirilah dengan Hamdalah..)