Wednesday, September 21, 2011

Menjawil Sedikit Dunia IT


Beberapa waktu ini, aku yang notabene gaptek dan cuek soal dunia IT beserta teman-temannya, terpaksa mempelajari topik ini. Mau tidak mau, karena suatu hal aku memaksakan diri menyelaminya lebih jauh. Tidak dalam-dalam juga sih, hanya mempelajari permukaannya saja. Menjawil sedikit dunia ke-IT-an. Lumayanlah biar nggak gaptek-gaptek amat.. J


Beruntung alhamdulillah, aku mempunyai kenalan cukup banyak yang ahli beginian. IT maniak, IT master, atau apalah. Alhasil mereka-mereka menjadi korban serangan pertanyaanku yang bertubi-tubi. Tanya inilah tanya itulah. Akhirnya dengan usaha kerasku (lebay juga sih..), aku berhasil memaksa menjejalkan sedikit pengetahuan dasar IT ke dalam otakku.


Sudah susah-susah nanya sana sini, sayang kalau dalam hitungan hari pengetahuan baru yang kudapatkan itu kemudian lenyap tak bersisa dari otak. (Maklum beginilah nasib orang dengan short term memory). Maka kuputuskan untuk mendokumentasikan pengetahuan baruku tentang IT ke dalam tulisan ini. Yah, biar besok-besok kalau aku lupa bisa membaca tulisan ini, daripada mesti nanya lagi? Repot kan.. Selain itu, harapannya sih tulisan ini bisa berguna juga buat orang-orang gaptek seperti aku. Well, this is what I’ve gathered. Check it out, gan!



---



Membedakan apa itu RAM, apa itu VGA, apa itu prosesor, apa itu harddisk.. sepertinya merupakan sesuatu yang vital (sotoy dink). Vital dalam artian misalnya kita mau membeli PC. Maka besarnya RAM, VGA, prosesor, maupun harddisknya ya disesuaikan sama kebutuhan kita. Kalau salah beli kan repot. Kekecilan sayang, kebesaran juga sayang. Iya nggak sih? Nah maka aku pun bertanya pada orang-orang, makhluk apakah mereka itu sesungguhnya..



1. RAM

RAM itu tempat penyimpanan data yang akan dan telah diproses sementara. RAM sifatnya nonvolatile alias hilang ketika nggak ada listrik.



2. VGA

Kalau VGA itu untuk kecepatan proses pengolahan grafik, misal kita gambar 3D yang cukup berat, nah peran VGA di sini yang dominan. VGA itu mempunyai memori : 1 GB, 1 GB, dst. Semakin besar memorinya semakin bagus. Misal VGA dengan memori 2 GB, pas buat desain atau edit film.



3. Prosesor (processor)

Prosesor itu tempat untuk proses aritmatika dan logika. Misal kita menjalankan program dimana di sana ada proses penghitungannya. Maka proses penghitungan itu diolah dulu di prosesor. Semakin tinggi clocknya semakin cpt prosesnya. Sebagai contoh prosesor i3 mempunyai clock 2.1, sedangkan prosesor i5 clocknya lebih tinggi yaitu 2.3. Apakah itu clock? Aku juga belum tahu, sayangnya kemarin lupa kutanyakan.



4. Harddisk

Harddisk itu untuk penyimpanan data yang bersifat volatile alias nggak hilang walau nggak ada listrik




Lalu bagaimanakah hubungan antara keempatnya? Berikut ini aku cuplikkan diskusi singkat mengenai hal itu.



Mawar : ”RAM (Random Access Memory) itu berpengaruh pada kecepatan akses memori. Guna RAM untuk menyimpan data sementara saat diproses ke komputer. Dengan kata lain sebagai tempat buffering atau tempat tunggu. Jadi semakin besar RAM, semakin cepat prosesor memproses karena data dari harddisk yang akan diambil oleh prosesor telah disimpan terlebih dahulu di RAM. Mesti nggak mudeng..”



Aku : (loading) (processing memory)



Melati : “Sedikit memperbaiki, semakin besar RAM tidak akan mempercepat kinerja prosesor. Namun mengurangi kesempatan menurunnya kinerja prosesor saat aplikasi-aplikasi yang membutuhkan memori besar dijalankan.”



Tulip : “RAM itu virtual memori. RAM berhubungan dengan kemampuan pembacaan data. Semakin besar RAM, semakin cepat pula prosesnya.”



Aku : @Melati : Jadi maksudmu, RAM itu semacam stabilisator untuk kinerja prosesor? @Tulip : Hm, kalau dianalogikan.. semakin lancar dia membaca sebuah tulisan, semakin cepat pula isi tulisan yang dia baca masuk ke otak, begitu kah?



Tulip : ”Yah 11-25 lah.. kira-kira miriplah sama analogimu”



Melati : ”Analoginya begini. RAM = jumlah piring untuk makan bakpao; aliran data = bakpao; harddisk = kulkas tempat menyimpan bakpao; prosesor = pemakan bakpao. Kalau kita mau makan bakpao banyak dan cepat (aplikasi besar), maka semakin banyak pula piring saji bakpao yang diperlukan agar semakin cepat pula proses makannya kan? Sedangkan kalau kita mau makan bakpao pelan-pelan (aplikasi ringan), piring saji sedikit nggak masalah kan? Coba bayangkan kalau kita mau makan banyak tetapi piringnya sedikit, maka kita harus sering-sering mengambil bakpao ke kulkas sehingga proses memakannya menjadi lama (pelan).



Aku : ”Andaikan si prosesor (aku) mau makan data (bakpao). Kalau RAM (piringnya) besar, maka semakin cepat pula data (bakpao) yang bisa prosesor (aku) lahap. Tetapi jika RAM (piringnya) kecil, maka si prosesor (aku) harus bolak-balik mengambil data (bakpao) ke harddisk (kulkas).. begitu???”



Melati : ”Ya seperti itulah..”



Pada kesempatan lain aku juga bertanya apakah itu HDMI dan HD LED. Maka temanku menjawab : ”HDMI itu yang dimaksud dengan colokan ke display, misalnya TV. Tetapi TV-nya juga harus mensupport HDMI. Sedangkan HD LED itu teknologi display monitor PC.”



---



Seperti yang telah aku sebutkan di atas, jika hendak membeli PC, maka besarnya RAM, VGA, prosesor, maupun harddisknya ya disesuaikan sama kebutuhan kita. Lalu bagaimana kriteria atau spesifikasi minimal PC untuk grafis? Yah, secara aku adalah mahasiswa arsitektur yang mau tidak mau bersinggungan dengan grafis seperti AutoCAD dan SketchUp. Sekedar iseng meminta pendapat dari teman-teman, kudapatkan beberapa padangan yang bermacam-macam.



Jeruk bilang, VGA yang cocok adalah Ati radeon atau GeForce. RAM minimal 2 GB. Tetapi agar kinerja RAM lebih maksimal, sebaiknya RAM dinaikkan menjadi 4 GB dan windowsnya 64 bit. Prosesor minimal Intel core i5, kalau mau i7 lebih bagus.



Anggur bilang, VGA-nya Ati 6xxx atau Nvidia Gt 3xx dan Core2Duo atau i-series untuk prosesornya. Lain lagi dengan Pisang yang mengatakan RAM 2GB, prosesor Intel core i5, dan VGA Ati Radeon minimal 1 GB. Berbeda dengan yang lain, Apel bilang prosesor i3 aja sudah cukup kok..



Macam-macam juga ya pendapatnya.. :D



---



Well, sekian dulu report hasil eksplorasi singkatku ke dunia IT.. Terima kasih banyak kepada pihak-pihak yang telah membantu memberikan pengetahuan yang baru pada seorang yang sangat nol tentang IT. Jangan bosen-bosen ya!!






Yogyakarta, 21 September 2011

Meyna Fathimah

www.meidwinna.blogspot.com


No comments:

Post a Comment

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh...

(Puji syukur kehadirat Allah yang masih memberikan nikmat iman dan Islam pada diri ini..)

Selamat datang di blogku yang mungkin hanya berisi secuil pemikiran dan ungkapan isi hati...

Sungguh, kebenaran datangnya hanya dari Allah. Adapun kesalahan datangnya murni dari diri ini. Untuk itu mohon masukan, kritik, dan sarannya serta mohon dimaafkan atas segala kesalahan. Terima kasih. Selamat menikmati. Semoga bermanfaat dan membawa berkah. Amin

(Mulakanlah dengan membaca Basmalah.... dan akhirilah dengan Hamdalah..)