Monday, September 19, 2011

Penyakit Skripsi dan Obatnya


Lihatlah ke bawah, jangan ke atas. Istilah itu mungkin cocok untuk beberapa kasus tertentu. Namun agaknya istilah tersebut sangat tidak cocok bagi mereka yang tengah berjuang mengerjakan skripsi seperti aku. Bagaimana bisa begitu?


Seperti yang dikatakan oleh ibuku bahwa penyakit skripsi dimana-mana hampir sama, yaitu malas dan putus asa. Maka obat yang diperlukan untuk mengatasi penyakit malas dan putus asa ini adalah semangat dan motivasi. Lalu bagaimana cara mendapatkannya?


Lihatlah ke atas, jangan ke bawah. Agaknya istilah inilah yang cocok buat mereka-mereka yang sedang menempuh skripsi. Lihatlah teman-teman kita yang telah lulus duluan ataupun teman-teman yang sudah lebih maju progress skripsinya dibandingkan kita, lalu bandingkan dengan diri kita. Dengan melihat kesuksesan mereka sudah seharusnyalah kita malu, dan dengan malu itu harapannya menjadikan kita termotivasi untuk mengejar ketertinggalan. Jangan berbuat sebaliknya, yaitu malah melihat teman-teman yang di bawah, teman-teman yang progress-nya lebih lambat dari kita atau bahkan belum menyentuh skripsi mereka.


”Ah tenang, si A aja belum ngambil skripsi kok..”


”Jangan khawatir, skripsinya si B masih belum apa-apa. Belum ada kemajuan sama sekali, masih lebih bagusan punyaku..”


Nah lho.. Hati-hati, jangan bangga dulu jika berhasil menggungguli teman yang lain. Jangan merasa di atas awan dulu, perjuangan belum selesai. Ini baru proses, belum akhir. Tak ada yang menjamin jika suatu saat justru kita diselip oleh teman-teman yang tadinya berada di bawah kita.


Jadi buat kamu-kamu yang sedang skripsi, tetaplah berjuang. Tetaplah melihat ke atas, pandanglah jauh ke depan pada mimpi-mimpi yang kau ukir tinggi-tinggi. Tidakkah menyenangkan jika mimpi itu dapat kita gapai dengan segera?


Good luck!


Di tengah progress skripsi yang maju – mundur,

15 September 2011

Meyna Fathimah

www.meidwinna.blogspot.com

4 comments:

  1. (duuhhh..ada tifa..gawat..aku malu.. >_<)


    hahah semangat...
    eaaa tifaa.. hehe

    ReplyDelete
  2. ahahaha ama aku malu? ahh seriusan? biasanya malah ga ada malunya sama sekali :p
    semangaattt!!! 7 hari lagi lho dwin! *nyetan mode on* :p

    ReplyDelete
  3. masa sih?aku kan malu2.. :">

    makasih tifa..dua bulan lagi.. :P

    ReplyDelete

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh...

(Puji syukur kehadirat Allah yang masih memberikan nikmat iman dan Islam pada diri ini..)

Selamat datang di blogku yang mungkin hanya berisi secuil pemikiran dan ungkapan isi hati...

Sungguh, kebenaran datangnya hanya dari Allah. Adapun kesalahan datangnya murni dari diri ini. Untuk itu mohon masukan, kritik, dan sarannya serta mohon dimaafkan atas segala kesalahan. Terima kasih. Selamat menikmati. Semoga bermanfaat dan membawa berkah. Amin

(Mulakanlah dengan membaca Basmalah.... dan akhirilah dengan Hamdalah..)