Thursday, June 12, 2008

Gak Boleh Jatuh Cinta?

Jatuh cinta berjuta nikmatnya… Menangis tertawa karena jatuh cinta… Begitulah Titiek Puspa melukiskan betapa menyenangkannya jatuh cinta… Tapi selama ini mungkin terlintas di pikiran kita, dosa gak ya kalo kita jatuh cinta?? Eits… Tunggu dulu…

Siapa bilang kita gak boleh jatuh cinta ama lawan jenis? Yang bener aja?! Mencintai lawan jenis itu sah2 aja kok, tapi cinta itu perlu dikendaliin... coz kalo enggak, cinta itu bias ternodai oleh hawa nafsu. Kalo udah gitu, cintanya jagi nggak tulus lagi donk?! Bahasa kerennya, nggak lillahi ta’ala… Bisa jadi cinta kita sama si dia cuma cinta fisik, cinta matre, cinta buta, ato… Na’udzubillah min dzalik!!

Trus gimana ya caranya biar kita bisa ngendaliin cinta… biar cinta kita tetap suci dan lillahi ta’ala… (cie…)?? Kalo kamu mau tau, nih simak baek2!! Smoga bisa bermanfaat…

a. Menutup aurat
Jangan kira menutup aurat bakal nutupin kecantikan atau kegagahan kita. Salah besar!! Malah dengan menutup aurat, harkat dan martabat kita sengai insane yang mulia terangkat.

b. Menjaga pandangan
Dari mana datangnya asmara? Dari mata turun ke hati. Ya, pandangan memang pintu utama datangnya cinta. Mata bisa kita ibaratkan sebagai jendela hati dan jembatan cinta.
“Pandangan mata (laksana) anak panah beracun dari berbagai macam anak panah iblis.” (HR Ahmad)
Itulah sebabnya Islam memberi aturan mengenai menahan pandangan ini. Hal itu nggak lain untuk menyelamatkan umat manusia dari kemaksiatan dan perbuatan2 yang bisa bikin syaithan tertawa.

c. Jaga jarak ‘aman’
1. Jangan sentuh2!
“Seandainya kamu ditusuk dengan jarum besi, maka itu lebih baik bagimu daripada menyentuh wanita yang tidak halal bagimu.”
2. Hindari berkhalwat
“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka tidak boleh baginya berkhalwat (berdua-duaan) dengan seorang wanita, sedangkan wanita itu tidak bersama mahramnya. Karena sesungguhnya yang ketiga di antara mereka adalah syaithan.” (HR Ahmad)
3. Jangan ikhtilath donk…
Apa sih ikhtilath itu? Ikhtilath alias bercampur bisa diartikan sebagai aktivitas berkumpulnya laki2 dan perempuan pada suatu tempat tanpa hijab, dan memungkinkan terjadinya interaksi yang nggak sesuai dengan norma2 Islam.
4. Pacaran??? Pikir-pikir dulu deh…

d. Tingkatin ibadahmu!!
Jelas dong, dengan ningkatin ibadah kita… kita bakalan lebih deket ama Allah dan insya Allah akan terhindar dari yang namanya dosa.
Nah, udah jelas kan… kalo mencintai orang itu sah2 aja dan gak ada yang ngelarang… asalkan kita tahu bagaimana menjaga diri dari dosa. Ingak! Ingak! Ting!!!


Special for Ma’arifatullah
PadzMoslem Magazine 2006
_Love Issue

(dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh...

(Puji syukur kehadirat Allah yang masih memberikan nikmat iman dan Islam pada diri ini..)

Selamat datang di blogku yang mungkin hanya berisi secuil pemikiran dan ungkapan isi hati...

Sungguh, kebenaran datangnya hanya dari Allah. Adapun kesalahan datangnya murni dari diri ini. Untuk itu mohon masukan, kritik, dan sarannya serta mohon dimaafkan atas segala kesalahan. Terima kasih. Selamat menikmati. Semoga bermanfaat dan membawa berkah. Amin

(Mulakanlah dengan membaca Basmalah.... dan akhirilah dengan Hamdalah..)