Thursday, June 12, 2008

Tips Hidup Sehat dan Bahagia (All About Food)

Hidup sehat dan bahagia, siapa yang nggak mau? Dwinna punya loh beberapa tipsnya.. tapi ini cuma terbatas gimana caranya hidup sehat dengan memperbaiki pola makan kita. Penasaran? Nggak penasaran juga nggak papa kok! Aku kan cuma pengen sharing aja! Lagian sebenernya ini kubuat untuk diriku sendiri. Tapi setelah kupikir-pikir nggak seru juga kalo nggak kupublikasiin. Ya udah deh, akhirnya kupublikasiin aja.. Hehe.. Tapi, ngomong-ngomong nih tips aseli bin orisinil bikinan Dwinna loh.. Nih murni versiku sendiri, jadi kalo ada yang nggak setuju, ya monggo..

Nah, daripada kita kelamaan ngomong yang nggak jelas, mending langsung aja deh! Buat yang penasaran, silakan dibaca.. Yang nggak penasaran juga boleh baca kok, tapi bayar!! ^;^ Selamat menikmati!!

1) Banyak-banyak (baca: cukup) minum air putih

Minum air putih alias air mineral tuh bagus banget loh (apalagi air zam-zam, hehe..). Minum air cukup selain bisa bikin nggak dehidrasi juga bermanfaat untuk melarutkan racun-racun yang ada dalam tubuh kita. Selain itu, air mineral membuat tubuh kita lebih segar dan sehat. Hm paling enggak, minumlah air mineral 2L sehari biar tubuh kita sehat. Otre..

2) Hindari minum es

Suka minum es? Aku juga!! Apalagi es krim..udah rasanya manis, dingin, enak lagi!! Hehe.. ada yang mau beliin?? ^;^ ups.. jadi ngelantur deh!
Minum es alias air es tuh sebenernya boleh-boleh aja sih. Tapi nggak boleh kebanyakan. Soalnya kalo kebanyakan nggak baik bagi tubuh. Terlalu sering minum yang dingin-dingin bikin daya tahan tubuh menurun juga loh, kita jadi bisa gampang sakit. Kita bakalan jadi susah sendiri ntar.

3) Jadi vegetarian??

Hwa!!! Aku demen banget nih sama yang namanya sayur ’n buah. Nggak tau kenapa, sayur dan buah tuh makanan wajib buatku. Nggak makan sayur ato buah sehari aja rasanya ada yang kurang. Apalagi seminggu tanpa sayur dan buah?? Oh, no!! Bisa stress..hehe^;^

Oke.. oke.. sekarang pertanyaannya, kenapa kita harus mengkonsumsi sayur dan buah? Semua pasti udah tau kan jawabannya? Tentu karena sayur dan buah banyak mengandung zat-zat yang kita butuhkan, terutama vitamin. Kalo soal itu nggak usah dijelasin deh, coz pasti dah pada tau.

Ngomong-ngomong udah pada tau belum nih? Menurut hasil penelitian, vegetarian itu hidupnya jauh lebih sehat daripada pemakan daging. Kebalikan dari para pemakan daging yang rentan mengidap penyakit semacam kolesterol de-el-el, vegetarian jauh lebih sehat hidupnya. Tapi, nggak cukup makan sayur ’n buah doank. Coz kita bisa mengalami penyakit darah rendah. Trus? Yah, kalo mau jadi vegetarian nggak papa sih, cuma jangan lupa mengkonsumsi susu.

Tapi, kalo aku pikir jadi ”vegetarian minded” tuh nggak baik juga. Kita yang masih dalam masa pertumbuhan ini membutuhkan banyak protein, baik itu protein nabati maupun hewani. Jadi, sebaiknya yang sedang-sedang aja deh! Hehe..

4) Hindari mengkonsumsi lemak secara berlebihan

Suka makan lemak?? Ah, pokoknya aku nggak mau deh makan lemak. Klo makan lemak ntar tambah ndut, eh nggak bercanda.. Mengkonsumsi lemak (baca: lemak hewani) yang berlebihan itu nggak baik untuk kesehatan. Bisa bikin kolesterol!!

5) Jangan mengkonsumsi makanan/minuman yang terlalu dingin ato terlalu panas

Makanan atau minuman yang terlalu panas ataupun terlalu dingin nggak baik untuk tubuh kita. Karena itu bisa merusak ”mesin-mesin” yang ada dalam tubuh. Itu dari sisi kesehatan. Dari sisi agama pun begitu. Makruh hukumnya. Kenapa? Karena dalam Islam, haram hukumnya menzalimi diri kita sendiri. Ketika kita mengkonsumsi makanan/minuman yang terlalu panas atau dingin, tubuh kita tidak akan kuat sehingga memungkinkan terjadinya kerusakan organ-organ. Begitu lho...

6) Jangan makan makanan yang terlalu manis, asin, kecut, ato pedas

7) Hindari konsumsi vetsin, bahan-bahan penyedap/pengawet/pewarna, dll secara berlebihan

8) Ganti kebutuhan proteinmu dengan ikan dan protein nabati seperti tahu-tempe

Nah, di nomor 5 tadi, kita kan ngebahas soal vegetarian. Nah, buat kamu-kamu yang tetap ngotot jadi vegetarian ya bolehlah silakan. Tapi untuk memenuhi kebutuhan proteinmu, kamu bisa mengkonsumsi protein nabati seperti tahu tempe. Sebaiknya konsumsi ikan juga deh. Ikan dan beraneka macam seafood lainnya mengandung protein yang sangat tinggi. Bagus buat kita! Tapi hati-hati, jangan terlalu banyak mengkonsumsi seafood. Karena selain mengandung protein tinggi, ia juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Jadi, secukupnya ajalah.

9) Makanlah makanan yang halal dan thoyyib, sehat, dan bergizi

Ini yang paling penting, Dwin! Asalkan makanan itu halal& thoyyib, mana sehat ’n bergizi, dimakan aja. Nggak usah pilih-pilih makanan. Belajarlah untuk menyukai semua jenis makanan. Suka ato nggak suka, makan aja!! Kan enak tuh kalau kita cocok ama semua makanan..

Oh ya friend, kalo aku nggak suka suatu makanan, bukannya kuhindari ato kubenci. Sebaliknya aku malah berusaha untuk menyukai makanan itu. Pertama-pertamanya sih makan sambil meringis-meringis karena rasanya nggak pas di lidah. Tapi lama-kelamaan cocok juga, dan akhirnya jadi suka deh!! Aku nggak bohong kok! Buktinya berhasil sampe sekarang. Dulu aku nggak suka tomat, pepaya, daun pepaya, pare, terong, dll. Sekarang suka banget!! Hehe.. Rasa itu ”nggak” penting! Yang penting khasiatnya!!! ^;^

Mau tau kenapa bisa berhasil? Itu karena aku nggak mikir ”mana yang aku suka dan mana yang aku nggak suka”. Aku cuma berpikir mana yang baik untukku dan mana yang nggak baik untukku. Rugi donk kalo kita nggak suka makanan yang halal-thoyyib, menyehatkan, bergizi pula. Rugi deh!!

10) De-el-el (tambahin sendiri deh!!)


Itulah beberapa tips versi dwinna yang berhasil kurangkum dalam tulisan yang tidak seberapa ini. Masalah benar atau tidaknya, aku juga nggak tau. Karena ini murni hasil pemikiranku sendiri (nggak juga sih, aku tau tentang semua itu juga karena info-info yang kudapat!! Hehe..). Ya udah deh, gitu aja... semoga bermanfaat.. ^;^



Awal 2008 – Mei 2008

4 comments:

  1. 1&2. wah. aku hobi minum es je.. walopun hobi juga minum air putih anget..
    3&8. walopun begitu, tubuh kita di desain buat makan segala jenis makanan, omnivora gitu... jadi ya paling ndak daging juga wajib dikonsumsi.
    4,5,6&7. Lha it intine.. jangan sampai over.. kebanyakan sesuatu juga ndak baik..
    9. sip. gak ada komen buat yang ni. setuju pokoknya
    10. hmmmm....apa ya.. kalo makan satu sendok aja jangn satu piring langsung ditelen. keloloden.. hehe

    ReplyDelete
  2. @halah dasar nopren,,nggih,,matur nuwun,,hehe

    ReplyDelete
  3. assalaamu'alaykum..nice posting ^^

    salam kenal dari ana ya ukht ;)

    ReplyDelete

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh...

(Puji syukur kehadirat Allah yang masih memberikan nikmat iman dan Islam pada diri ini..)

Selamat datang di blogku yang mungkin hanya berisi secuil pemikiran dan ungkapan isi hati...

Sungguh, kebenaran datangnya hanya dari Allah. Adapun kesalahan datangnya murni dari diri ini. Untuk itu mohon masukan, kritik, dan sarannya serta mohon dimaafkan atas segala kesalahan. Terima kasih. Selamat menikmati. Semoga bermanfaat dan membawa berkah. Amin

(Mulakanlah dengan membaca Basmalah.... dan akhirilah dengan Hamdalah..)