Thursday, June 12, 2008

ARSITEKTUR dan LINGKUNGAN

Fyuh, besok pagi aku ujian mata kuliah ARLING (baca: ARSITEKTUR dan LINGKUNGAN). Belajar? Tentu saja donk! Tapi tiba-tiba, ketika aku sedang membolak-balikkan kertas modul bahan kuliah yang akan aku baca untuk ujian, aku menemukan sedikit coretan-coretan iseng antara aku dan seorang temanku yang sedang mendiskusikan tentang ARSITEKTUR dan LINGKUNGAN di balik kertas modul tersebut.

Wah kebetulah pikirku, memang besok ujian, tapi aku sedang ingin menulis sesuatu. Ya sudah, akhirnya aku mengetik ulang percakapan itu sekalian belajar untuk besok. Hehe..sambil menyelam minum air!


Awal ceritanya, temanku tiba-tiba saja menanyakan pendapatku mengapa seorang arsitek harus belajar lingkungan. Aku yang tertarik dengan pertanyaannya langsung mengambil kertas asal-asalan dan menuliskan pendapatku atas pertanyaannya. Berikut sedikit cuplikannya.

AKU :
Aku adalah seorang mahasiswa arsitektur. Lalu pertanyaannya, kenapa seorang arsitek harus belajar tentang lingkungan??

1. Karena kita harus tau dan paham apa saja hubungan antara arsitektur dan lingkungan.
2. Lalu kita pun harus mengetahui seberapa besar pengaruh alias dampak positif-negatif arsitektur (hasil karya arsitektur) terhadap lingkungan.
3. Sebagai seorang arsitek, kita harus memposisikan lingkungan sebagai SUBJEK bukan sebagai OBJEK. Jadi, kalau kita mau mendirikan bangunan, bukannya “lingkungan” yang menyesuaikan bangunan yang kita inginkan, tetapi bangunan yang kita inginkanlah yang harus menyesuaikan lingkungan alias tapaknya, begitu…
4. Selain itu, kita juga harus belajar tentang lingkungan karena itu memang salah satu pelajaran dasar untuk menjadi a great architect atau the real architect. Yah, jadi arsitek yang “sesungguhnya” bukan arsitek jadi-jadian. Soalnya kita tuh bukan arsitek yang jadi khalifatullah, tapi khalifatullah yang jadi arsitek!!
5. dll..

KOMEN DARI TEMENKU:
Hum,, bisa juga,, =) tapi saran bos! Kalau mau masukin ke blog, harus lebih panjang lagi tulisannya. Yang kamu tulis itu sepertinya intinya doank. ..



Malam menjelang ujian ARLING
11 Juni 2008 (20:27)

No comments:

Post a Comment

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh...

(Puji syukur kehadirat Allah yang masih memberikan nikmat iman dan Islam pada diri ini..)

Selamat datang di blogku yang mungkin hanya berisi secuil pemikiran dan ungkapan isi hati...

Sungguh, kebenaran datangnya hanya dari Allah. Adapun kesalahan datangnya murni dari diri ini. Untuk itu mohon masukan, kritik, dan sarannya serta mohon dimaafkan atas segala kesalahan. Terima kasih. Selamat menikmati. Semoga bermanfaat dan membawa berkah. Amin

(Mulakanlah dengan membaca Basmalah.... dan akhirilah dengan Hamdalah..)