Thursday, June 12, 2008

Tulisan-tulisan Lama

Beberapa waktu yang lalu aku iseng-iseng buka majalah SMAku. Baik itu majalah PROGRESIF Padz Magazine, maupun majalah MA’ARIFATULLAH Padz Moslem Magazine. Di situ aku menemukan beberapa tulisanku. Ada empat buah tulisan, yaitu dua buah untuk majalah PROGRESIF (“Alam Sebagai Ayat” dan “Cinta, Naluri yang Indah”) dan dua buah lagi untuk majalah MA’ARIFATULLAH (“Hijab” dan “Gak Boleh Jatuh Cinta?”).


“Alam Sebagai Ayat”

Tulisan ini bertutur tentang betapa alam tempat kita berpijak ini, sesungguhnya merupakan ayat-ayat Allah. Bahkan ayat-ayat di alam ini lebih dahulu ada jauh sebelum Allah menurunkan kitab-kitab seperti Zabur, Taurat, Injil, dan Al-Qur’an.

Mengapa alam ini disebut sebagai ayat? Allah menciptakan alam semesta beserta seluruh isinya dengan maksud dan tujuan tertentu, yaitu agar manusia dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari segala apa yang ada dan terjadi di alam. Baik itu fenomena alam yang begitu mempesona, bencana alam, maupun fenomena-fenomena social lainnya. Semuanya terangkum dengan cantiknya di dalam takdir dan sunnatullah.

Tulisan ini sebenarnya aku buat atas permintaan dari kru majalah PROGRESIF kepada SKI AL Khawarizmi (SKInya SMA 3 Yk), untuk membuatkan tulisan pada rubric “Nurani SKI” di majalah PROGRESIF edisi ke-10 tahun 2005. Lalu entah bagaimana kelanjutan sehingga akulah yang membuatkan tulisan itu dengan mengambil sumbernya dari rubric “Hikmah”nya REPUBLIKA. (Padahal aku bukan persnya SKI lho…T.T)


“HIJAB”

Permintaan kedua datang dari kru majalah MA’ARIFATULLAH, keluaran Departemen Pers dan Info-nya SKI Al Khawarizmi. Mereka memintaku membuatkan tulisan untuk para pembaca Muslimah PADMANABA, dengan topic “Hijab”. Waduh pusing!!! Mulanya aku merasa bingung dengan apa yang harus aku tuliskan (berat je!), namun akhirnya jadi juga, hehe..

Tulisan itu bercerita tentang apakah itu HIJAB dan apakah itu JILBAB, serta perbedaan di antara keduanya. Selanjutnya aku mencoba menegaskan tentang konsekuensi dari berhijab. Dan di akhir tulisan, aku mengajak para pembaca Muslimah untuk mulai berhijab dengan sebenar-benarnya. Memang kedengarannya berat, namun ketika sudah ada niatan dalam hati dan keikhlasan hanya karena Allah, semua kan terasa mudah, insyaAllah.

Fyuuh, tulisanku tentang “Hijab” kali ini yang kubuat special untuk majalah MA’ARIFATULLAH tahun 2005, kini membuatku pusing. Kenapa? Tulisan itu kubuat ketika SMA, dan kini ketika aku membacanya (saat kuliah), aku benar-benar tertohok!! Tertohok dengan tulisanku sendiri, tulisanku ketika SMA! Gleg! Aku benar-benar tersindir, bos! Malu! Kok bisa? Baca aja sendiri tulisanku…


“CINTA Naluri yang Indah”

Kali kedua, PROGRESIF kembali memintaku mengirimkan tulisan di rubric “Nurani SKI”nya untuk edisi ke-11 tahun 2006. Namun tawaran ini rupanya langsung disampaikan kepadaku oleh teman sekelasku. Akhirnya aku pun menyanggupi untuk kedua kalinya. Namun aku bingung, tema apa yang akan kuangkat kali ini?

Entah angin dari mana sehingga aku memutuskan untuk mengambil tema tentang cinta. Atau karena aku sedang jatuh cinta? Ups.. no comment dah! Tapi yang jelas, ketika itu tema cinta sedang hangat di otakku. Jadi, kenapa tidak? Dengan inspirasi dari Allah swt. dan memabaca buku-buku tentang cinta seperti NPSP & ABCP (Salim A. Fillah) dan Jangan Nodai Cinta (O. Solihin & Iwan J.), aku mulai menuangkan pemikiranku tentang “cinta”.

Dalam tulisan kali ini, aku mencoba memaparkan sedikit tentang makna cinta. Kemudian aku mencoba menuturkan tentang cinta yang selama ini sering disalahartikan. Dan sedikit kusinggung tentang kisah indah tentang cinta di antara sepasang remaja suci, Fathimah dan ‘Ali ra.. Dengan tulisan itu, aku mencoba meluruskan kembali persepsi tentang cinta yang acapkali disalahartikan oleh orang kebanyakan saat ini.


“Gak Boleh Jatuh Cinta”

Fyuh..tema cinta sepertinya sedang hangat saat itu. Kini giliran kru MA’ARIFATULLAH yang “memaksa”ku untuk kembali berbicara soal cinta. Kali ini, aku diminta menuliskan tentang “Tips Cinta” untuk turut meramaikan majalah tersebut untuk Love Issuenya tahun 2006.

Tips cinta?? Yang bener aja?? Emangnya aku pakar cinta? Sampai-sampai aku diledek temenku, katanya aku pakar cinta. Pakar cinta dari Hongkong?? Duh, aku jadi malu sendiri nih..hix. Tapi ya sudahlah. Kupenuhi saja permintaan temanku itu sebisaku.

Akhirnya, dengan membaca buku sumber-sumber yang ada, ditambah pengetahuan “cinta” yang aku miliki, aku mencoba menuliskan tips-tips buat orang yang sedang jatuh cinta agar cintanya tidak ternoda dan tetap terjaga kesuciannya. Kenapa harus dijaga? Karena jatuh cinta berjuta nikmatnya..(ceile..)


11 Juni 2008 (20:00)

No comments:

Post a Comment

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh...

(Puji syukur kehadirat Allah yang masih memberikan nikmat iman dan Islam pada diri ini..)

Selamat datang di blogku yang mungkin hanya berisi secuil pemikiran dan ungkapan isi hati...

Sungguh, kebenaran datangnya hanya dari Allah. Adapun kesalahan datangnya murni dari diri ini. Untuk itu mohon masukan, kritik, dan sarannya serta mohon dimaafkan atas segala kesalahan. Terima kasih. Selamat menikmati. Semoga bermanfaat dan membawa berkah. Amin

(Mulakanlah dengan membaca Basmalah.... dan akhirilah dengan Hamdalah..)